8 Cara Membersihkan Kaca Aquarium Berkerak dan Berlumut

Diposting pada
Memiliki aquarium dan memelihara ikan di dalamnya banyak dilakukan oleh orang. Sebagian melakukannya karena hobi, ada juga yang melakukannya karena senang melihat ikan warna warni yang ada di aquarium. Kebanyak pemilik aquarium merasa bingung bagaimana cara membersihkan kaca aquarium berkerak maupun berlumut.

Kerak maupun lumut wajar saja muncul di dalam kaca aquarium karena memang berasal dari kotoran ikan. Selain itu, berbagai macam hiasan seperti batu, tumbuhan, kayu juga dapat menjadi penyebab munculnya lumut dan kerak pada kaca aquarium. Jika sudah begitu, maka aquarium akan menjadi buram dan membuatnya tidak indah lagi. Mau tidak mau, Anda harus membersihkan kaca aquarium agar kinclong seperti baru.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Namun masalahnya tidak semua orang memahami cara membersihkan kaca aquarium yang berlumut. Akibatnya mereka membiarkan lumut tersebut hingga akhirnya menjadi keras dan berkerak. Jika sudah begini maka, meski disikat-sikat dengan keras, kaca akan tetap buram dan kerak tidak mau hilang. Anda perlu cara lain untuk membersihkannya. Anda bisa menyimak beberapa cara yang Semutmulia.com paparkan di bawah ini.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium Bagian Dalam

Cara membersihkan aquarium ini dibadi menjadi dua, yaitu bagian dalam dan bagian luar. Meskipun kerak dan lumut kerap muncul di bagian dalam, bukan berarti kebersihan bagian luar aquarium bisa di abaikan. Untuk membersihkan bagian dalam, Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini.

1. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca Aquarium

Cairan Pembersih Kaca Aquarium

Ada banyak jenis cairan pembersih kaca aquarium yang dijual di pasaran. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli di toko yang menjual berbagai peralatan aquarium. Umumnya cairan untuk menghilangkan kerak ini harganya berkisar antara Rp 50.000 – 100.000. Tentunya tergantung ukuran dan merk.

Berbagai pilihan merk pembersih kerak aquarium bisa Anda beli di toko. Merk yang biasanya dijual diantaranya adalah Titanic dan Super Glass Cleaner. Bahkan banyak juga cairan pembersih yang tidak bermerk. Meski tidak memiliki merk, biasanya tetap sangat ampuh untuk mengangkat kerak pada kaca aquariu.

Cara membersihkan kaca aquarium berkerak dengan menggunakan cairan pembersih ini sangat mudah sekali. Bahkan dalam sekejap hasilnya bisa langsung dilihat. Hal ini memang karena cairan semacam ini memiliki kekuatan untuk mengangkat kerak dengan cepat. Untuk cara penggunaannya Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan peralatan berupa, kuas bekas, spons, sikat gigi jika dibutuhkan.Keluarkan semua ikan dan benda-benda di dalamnya seperti kerikil, kayu, dan tumbuhan.
  • Olesi kaca aquarium yang terdapat kerak dengan cairan pembersih. Anda bisa mengolesinya dengan kuas yang tadi telah disiapkan.
  • Biarkan beberapa saat. Cairan yang bagus biasanya akan cepat bekerja. Dalam satu menit kerak pada kaca umumnya sudah terangkat.
  • Setelah kerak terlihat terangkat, segera singkat menggunakan spons atau sikat gigi. Sikat hingga bersih kemudian bilas. Selamat, kaca aquarium Anda sudah bersih kembali seperti baru.

2. Angkat Kerak Membandel Menggunakan Odol

Odol Untuk Membersihkan Kaca

Cara yang kedua yaitu menggunakan odol atau pasta gigi. Jangan salah, odol juga memiliki kekuatan untuk membersihkan kaca aquarium dari kerak membandel. Odol tentu harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan cairan pembersih aquarium di atas. Meski begitu, hasilnya tidak kalah memuaskan bila dilakukan dengan benar dan sabar.

Mengapa harus dengan sabar? Karena memang cara membersihkan kaca aquarium dari kerak menggunakan odol ini prosesnya sedikit lebih lama dibanding memakai cairan pembersih. Untuk Anda yang ingin segera mengetahui tata caranya, bisa langsung menyimak langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan alat-alat yang akan dipakai, yaitu Odol, spons atau sikat gigi, air bersih ( lebih bagus bila hangat), kain lembut atau handuk.
  • Siram bagian aquarium yang berkerak dengan menggunakan air bersih.Lumuri bagian yang akan dibersihkan dengan odol secukupnya. Ratakan menggunakan sikat gigi atau spons.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Setelah itu, sikat lagi menggunakan spons hingga benar-benar bersih. Perhatikan juga area-area pojok jangan sampai ada yang terlewat.
  • Langkah terakhir, bilas menggunakan air hangat yang telah disiapkan. Kerak akan terangkat dan kaca menjadi bersih kembali. Lap atau bersihkan sisa-sisa odol yang masih tertinggal menggunakan kain atau handuk.

3. Membersihkan Kaca Aquarium Berlumut Memakai Pembersih Lantai

Vixal Pembersih Lantai

Ciaran pembersih lantai seperti Vixal, PVC, Wipol, So Clean Lantai, dan lain-lain juga dapat digunakan untuk membersihkan fiber atau kaca aquarium. Cara membersihkan kaca aquarium ini hampir sama dengan menggunakan odol, yaitu oleskan cairan pembersih lantai pada bagian yang berkerak atau berlumut. Setelah itu diamkan selama 20 – 30 menit. Lalu sikat menggunakan sikat gigi atau spons. Bilas atau siram dengan air hangat agar kerak langsung terangkat semuanya. Kaca aquarium Anda pasti kinclong kembali.

Yang harus diperhatikan adalah, cairan pembersih lantai ini biasanya menimbulkan bau yang sangat menyengat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membilasnya menggunakan air hangat agar baunya cepat hilang. Jika dibiarkan, bau menyengat ini bisa jadi membahayakan ikan Anda nantinya. Jadi sebelum digunakan kembali, pastikan sudah tidak ada zat kimia maupun sisa bau dari pembersih lantai.

4. Pemutih Pakaian + Deterjen

Bayclin Pemutih Pakaian

Sama seperti cara membersihkan kaca aquarium sebelumnya, hanya saja kali ini bahan yang digunakan adalah pemutih pakaian dan deterjen. Anda bisa mengoleskan pemutih pakaian plus deterjen pada area yang akan dibersihkan. Setelah itu, sikat menggunakan sikat gigi maupun sikat pakaian. Diamkan beberapa saat, kemudian sikat kembali hingga kerak terangkat.

Terakhir Anda bisa membilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa sabun atau pemutih pakaian. Hal ini agar sisa-sisa zat kimia dari kedua bahan tersebut tidak membahayakan ikan nantinya.

5. Gunakan Sitrun dan Air Hangat

Apakah Anda mempunya sitrun di rumah? Sitrun dikombinasikan dengan air hangat juga dapat membersihkan kerak pada kaca aquarium. Memang hasilnya tidak seampuh bahan-bahan sebelumnya namun tetap bisa membersihkan kerak yang membandel. Cara membersihkan kaca aquarium dengan sitrun yaitu siramkan pada bagian yang bergerak. Kemudian bersihkan atau sikat menggunakan spons atau sikat gigi. Siram atau bilas dengan air hangat.

Biasanya kerak sudah terangkat dan kaca menjadi bersih kembali. Jika masih ada kerak atau lumut yang tertinggal, Anda sebaiknya mengulangi langkah di atas hingga kaca benar-benar bersih.

6. Mengunakan Ikan Pembersih Kaca

Ikan Sapu Sapu

Ada banyak jenis ikan yang memakan lumut dan dapat menjadi pembersih aquarium Anda. Salah satu ikan pembersih yang paling populer di Indonesia adalah ikan sapu-sapu. Ikan ini memang gemar memakan lumut yang ada di aquarium. Sehingga bisa mencegah lumut tumbuh dan menjadi kerak.

Oleh karena ini, meletakan ikan semacam ini dalam aquarium Anda adalah pilihan yang bagus. Terlebih ikan ini tidak terlalu aktif sehingga tidak akan menganggu ikan yang lain. Ini bisa menjadi cara membersihkan kaca aquarium yang gratis untuk Anda.

7. Menggunakan Alat Pembersih Kaca

Alat Pembersih Kaca Aquarium

Ini merupakan alat yang memang ditujukan untuk membersihkan kaca aquarium. Agar hasilnya semakin maksimal, memang harus dikombinasikan dengan cairan pembersih kaca aquarium. Alat semacam ini sangat baik digunakan untuk memelihara kebersihan aquarium sehari-hari. Karena memang diperuntukan untuk membersihkan kotoran-kotoran ringat.

8. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Cara membersihkan kaca aquarium yang ke-8 adalah menggunakan bahan alami, yaitu jeruk nipis. Kandungan asam yang dimilikinya dapat digunakan untuk mengangkat lumut atau kerak pada kaca. Penggunaannya juga terbilang mudah. Pertama, Anda siram bagian yang berkerak dan akan dibersihkan. Setelah itu sikat-sikat terlebih dahulu hingga kerak agak sedikit terangkat.

Langkah selanjutnya adalah, belah jeruk nipis dan teteskan perasannya pada bagian yang sebelumnya telah disikat. Taburi  juga soda kue untuk hasil yang maksimal. Biarkan kedua bahan tersebut bereaksi. Setelah itu baru Anda dapat menyikatnya kembali dan bilas sampai bersih.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium Bagian Luar

Cara Membersihkan Kaca Aquarium Berkerak

Bagian luar ini memang tidak bersentuhan langsung dengan air. Namun bukan berarti tidak perlu untuk dibersihkan. Untuk menjaga kebersihan dan agar kaca luar tidak menjadi buram maka perlu dibersihkan secara rutin. Caranya yaitu dengan cara di lap menggunakan halus. Basahi lap dengan air hangat yang dicampur sedikit cuka. Dengan begitu kaca bagian luar akan selalu bersih kinclong.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Tinta Printer Di Tangan Dengan Mudah

Memelihara kebersihan aquarium sangat penting demi menjaga keindahannya. Cara membersihkan kaca aquarium dari kerak dan lumut di atas semoga bisa menjadi solusi atas permasalahan aquarium Anda. Jangan malas untuk membersihkan aquarium, memang diperlukan sedikit usaha untuk bisa membuatnya kinclong seperti baru. Untuk tutorial video bisa Anda lihat di Youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *