8 Cara Membersihkan Noda Semen Mengering Pada Lantai Keramik

Diposting pada
Semutmulia.com – Banyak yang belum mengetahui cara membersihkan noda semen mengering di lantai keramik. Semen yang mengering di lantai keramik kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Karena memang sangat sulit untuk dibersihkan. Noda semen yang menempel di lantai dapat membuat keramik menjadi kasar dan tidak nyaman ketika dipijak. Selain itu, juga dapat mengurangi keindahannya.

Penyebab Semen Kering Menempel Pada Lantai Keramik

cara membersihkan noda semen pada lantai

Biasanya noda semen mengering ini terjadi ketika pemasangan keramik itu sendiri. Sisa-sisa dari nat untuk memasang keramik kerap menempel pada lantai. Selain itu juga bisa terjadi karena adanya perapian atau pengacian tembok. Akibatnya banyak adukan semen yang bercecer dan menempel pada lantai. Untuk meminimalisir hal ini maka sebaiknya tukang agar lebih hati-hati dan lebih rapi dalam pengerjaannya. Karena kita tahu, semen kering ini merupakan noda di lantai keramik yang amat sulit untuk dibersihkan.

Cara Mudah Membersihkan Lantai Keramik dari Sisa-sisa Semen

Noda-noda kotoran semen mengering yang menempel di lantai sebenarnya dapat dibersihkan jika kita mengetahui cara membersihkan keramik kasar. Semen memang mudah dibersihkan ketika baru menempel di keramik dan masih basah. Namun setelah mengering akan menjadi sangat susah dan memerlukan trik khusus untuk membersihkannya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan belajar berbagai macam cara membersihkan lantai keramik dari semen yang mengering. Anda bisa menerapkan cara membersihkan sisa nat pada lantai keramik untuk membersihkan lantai Anda yang kotor di rumah. Semua tips di bawah ini sangat mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukannya.

1. Menggunakan Kain Pel dan Sapu

Kain Pel dan Sapu

Sisa-sisa semen yang baru menempel di lantai dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan air dan kain pel. Jika memang sudah mulai mengeras dan bisa menggunakan bantuan sapu untuk menggosoknya hingga bersih. Cara membersihkan sisa semen di lantai keramik ini harus dilakukan sesegera mungkin. Jangan sampai semen keburu mengering karena akan menjadi sulit untuk dibersihkan.

2. Bersihkan Lantai Keramik dengan Larutan Cuka

larutan cuka untuk membersihkan lantai

Larutan cuka memiliki kemampuan yang baik untuk mengangkat noda-noda pada lantai keramik. Jadi kotoran semen mengering pun akan dapat dibersihkan menggunakan larutan cuka. Penggunaan cuka dapat sangat efektif untuk mengatasai sisa-sisa semen yang terlanjur mengering di lantai keramik.

Cara membersihkan kotoran semen pada lantai keramik menggunakan cuka juga sangat mudah. Anda cukup menyiramkan cuka ke bagian-bagian keramik yang terdapat kotoran semen kering. Biarkan cuka untuk beberapa saat agar terjadi interaksi antara larutan dengan semen. Jika dirasa semen sudah mulai mengelupas atau terangkat segera bilas atau bersihkan dengan menggunakan kain pel dan sapu.

3. Ampas Kelapa

Ampas Kelapa

Ampas kelapa rupanya dapat digunakan untuk membersihkan sisat nat pada lantai keramik. Ampas kelapa yang digunakan adalah sisa dari pembuatan santan. Penggunaannya dapat dilakukan pada keramik baru maupun lama. Selain untuk membersihkan, ampas kelapa dapat membuat keramik terlihat selalu mengkilap.

Cara membersihkan noda semen di lantai keramik menggunakan ampas kelapa terbilang mudah. Caranya cukup dengan menggosokan ampas tersebut ke permukaan lantai yang terdapat kotoran semen. Setelah digosokan secara merata ke seluruh lantai, sebaiknya diamkan terlebih dahulu untuk beberapa saat.

Setelah itu gosokan kembali dengan menggunakan tangan pada area yang dirasa sangat kotor. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang benar-benar bersih. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air dan kain pel. Hasilnya anda akan melihat lantai keramik menjadi lebih kinclong dari sebelumnya.

4. Asam Klorida atau HCL

Asam Klorida atau HCL

Caranya cukup mudah, larutan HCL dimasukan ke dalam ember yang telah diisi air. Jangan terlalu banyak memasukan asam klorida, sebaiknya hanya beberapa sendok makan saja. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan larutan menjadi terlalu asam dan dapat merusak bagian nat lantai keramik.

Gunakan kuas kecil untuk mengoleskan cairan HCL ke bagian yang terdapat kotoran semen mengering. Untuk hasil yang maksimal biarkan dulu beberapa saat baru setelah itu bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat maupun serabut kelapa.

Untuk hasil yang maksimal maka sebaiknya menggunakan serabut kelapa. Hal ini dikarenakan serabut kelapa memiliki tekstur yang lebih rapat serta pada namun tetap elastis. Sehingga sangat efektif untuk mengangkat noda pada lantai. Jangan lupa untuk membilas lantai setelah disikat agar kotoran semen mengering dapat larut bersama air. Agar hasilnya lebih sempurna anda bisa melakukan pengepelan ulang dan kemudian mengeringkannya.

Baca juga: Cara Sukses Mengatur Keuangan Agar Hidup Lebih Sejahtera

5. Perasan Air Lemon

air lemon

Air lemon telah terkenal dapat digunakan untuk membersihkan berbagai noda pada peralatan rumah tangga. Nah, rupanya air lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan semen mengering di lantai keramik. Tidak hanya semen, berbagai noda membandel lainnya yang menempel pada lantai juga dapat dibersihkan.

Cara menggunakannya sangat sederhana, yaitu oleskan cairan lemon pada noda-noda yang ada di lantai. Biarkan untuk beberapa waktu hingga terjadi reaksi. Perhatikan apakah noda semen pada lantai telah melunak. Jika sudah maka bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu penggosokan.

Gunakan sikat untuk menggosok noda pada lantai agar mudah terangkat. Setelah noda semen mengering terangkat, anda bisa melakukan pengepelan agar lantai menjadi lebih bersih.

6. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Cara membersihkan noda semen kering pada lantai keramik yang satu ini masih sangat jarang diketahui. Belimbing wuluh rupanya memiliki khasiat mampu mengangkat noda membandel pada lantai. Anda bisa menggosokan belimbing wuluh yang telah dipotong pada lantai yang terdapat noda semen maupun noda lainnya.

Setelah beberapa saat, gosok atau sikat dengan menggunakan sikat yang kaku atau keras. Biasanya noda membandel pada lantai akan menjadi mudah terangkat dan lantai menjadi bersih kembali. Jangan lupa untuk mengepel lantai agar sisa-sisa kotorannya juga hilang.

7. Garam

Garam

Siapa sangka, bahan alami seperti garam juga memiliki khasiat untuk membersihkan semen kering pada lantai keramik. Garam memang memiliki kemampuan untuk membersihkan noda-noda membandel pada lantai keramik.

Bagaimana cara membersihkan noda pada lantai keramik menggunakan garam? Cukup taburkan garam pada permukaan lantai yang ingin dibersihkan. Tunggu hingga garam meresap dan membuat kotoran di lantai menjadi lunak. Semakin lama waktu tunggunya maka akan semakin baik.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, jika noda sudah mulai terangkat masa bisa dilakukan langkah selanjutnya dengan cara disikat. Jika memang ada noda yang masih membandel anda bisa mengulangi dengan menabur garam kembali dan biarkan hingga dirasa kotoran sudah bisa dibersihkan.

8. Baking Soda

baking soda pembersih lantai

Baking soda memang biasanya banyak digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur. Rupanya baking soda juga dapat membantu menghilangkan noda semen kering pada lantai keramik anda.

Cara membersihkan noda semen mengering di lantai keramik memakai baking soda cukup mudah. Sama dengan bahan-bahan lainnya, caranya juga adalah dengan menaburkan baking soda ke area yang terdapat noda atau yang ingin dibersihkan. Kemudian diamkan hingga dirasa kotoran sudah mulai siap untuk dibersihkan. Sikat kotoran pada lantai yang telah diberi baking soda secara perlahan hingga nodanya hilang.

Beberapa cara membersihkan noda semen kering dan sisa nat pada lantai keramik di atas semoga bisa menjadi solusi untuk anda. Noda atau kotoran semen kering mungkin tidak akan menghilang langsung sekali dibersihkan. Jadi sebaiknya ulangi hingga beberapa kali sampai lantai anda benar-benar bersih. Cara membersihkan keramik kasar di atas semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *