Tutorial Cara Membuat Tas Kain Langkah Demi Langkah Dari Awal

Diposting pada
Semutmulia.com – Tas merupakan salah satu barang yang sangat penting bagi wanita. Setiap wanita bepergian maka yang namanya tas selalu tidak pernah ketinggalan. Tas ini memang sangat penting untuk menyimpan berbagai keperluan wanita seperti alat make-up, tisu, handphone dan lain-lain. Cara membuat tas kain bisa dibilang cukup rumit dan tidak mudah. Butuh perencanaan serta pengerjaan yang baik agar mampu menghasilkan tas yang bagus dan layak jual. Selama ini mungkin anda belum mengetahui bagaimana tas-tas yang ada di toko dibuat.

cara membuat tas kain

Tutorial Cara Membuat Tas Kain

Sebenarnya membuat tas dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan memiliki kemampuan menjahit. Meskipun begitu membuat tas tetaplah bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Butuh ketelitian serta ketekunan dalam pengerjaannya. Untuk anda yang ingin membuat tas sendiri di rumah, bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Membuat Desain

Cara membuat tas yang pertama yaitu membuat desain. Tahap pertama ini sangat penting dalam proses pembuatan tas. Anda harus membuat desain tas terlebih dahulu. Desain ini nantinya akan memudahkan dalam tahap pengerjaan. Jika ini adalah pertama kalinya anda membuat tas, maka sebaiknya buatlah desain yang sederhana saja. Dalam mendesain, pertama anda harus membuat seketnya terlebih dahulu. Setelah itu baru anda membuat gambar kerjanya.

Baca juga: Cara Membuat Udara Di Rumah Menjadi Segar

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Setelah membuat desain, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan. Mempersiapkan alat dan bahan untuk memudahkan proses pengerjaan agar nantinya anda bisa langsung fokus bekerja tanpa harus mencari bahan atau alat ini itu. Perhatikan selalu apakah semua alat seperti mesin jahit, gunting, pisau potong, penggaris dan lainnya telah tersedia. Lalu siapkan bahan yang akan digunakan untuk membuat tas. Untuk pengalaman pertama membuat tas sebaiknya menggunakan bahan kain terlebih dahulu. Karena kain lebih mudah dan tentunya lebih murah. Jika sudah menguasai cara membuat tas anda bebas menggunakan bahan apapun seperti contohnya kulit.

Membuat Pola dan Pemotongan

Membuat pola merupakan salah satu langkah membuat tas yang sangat penting. Membuat pola disini berarti anda mulai memasukan desain anda ke dalam bahan. Bahan kain yang telah anda siapkan tadi mulai diberi gambar pola tas yang akan dibuat. Di fase ini anda harus membuat pola pada kain dengan jelas, hal ini untuk memudahkan proses pemotongan. Setelah proses pembuatan pola, langkah selanjutnya adalah melakukan pemotongan pada kain yang telah diberi pola tersebut. Jangan lupa juga untuk memberi tanda jahitan, tanda tempat kancing, tanda tempat reseleting dan lain-lain.

Merakit

Proses yang selanjutnya dalam cara membuat tas kain ini adalah merakit. Pada tahap ini anda harus merakit semua bahan yang telah dipotong tadi menjadi satu tas yang utuh. Pada bagian ini anda harus teliti dalam menjahit agar tidak terjadi kesalahan. Dalam merakit ini anda harus menyesuaikan dengan gambar kerja yang telah anda buat di awal tadi.

Baca juga: Cara Sukses Mengatur Keuangan

Finishing

Finishing ini merupakan langkah akhir dalam pembuatan tas untuk memastikan kesempurnaannya. Disini anda bisa memeriksa tas yang telah dibuat apakah semuanya sudah benar, seperti reseleting dan jahitannya. Pada langkah finishing ini anda juga bisa menambah aksesoris pada tas yang telah dibuat.

Itulah pembahasan mengenai cara membuat tas kain langkah demi langkah. Anda bisa mempraktekannya di rumah. Namun untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti kursus menjahit ataupu kursus membuat tas di sekitar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *