30+ Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Diposting pada

Ada banyak sekali jenis pekerjaan di dunia ini. Namun, secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Untuk kamu yang masih bingung membedakan mana yang menghasilkan barang dan mana yang menghasilkan jasa, berikut ini kami siapkan daftar contohnya.

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

1. Petani

Petani merupakan yang bekerja dengan cara mengolah tanah. Mereka mengolah tanah untuk ditanami sesuatu lalu setelah beberapa waktu kemudian dipanen.

Pekerjaan ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu, ada banyak sekali petani di Indonesia. Umumnya mereka ada di daerah pedesaan dimana masih banyak tersedia lahan sawah atau ladang.

Barang yang dihasilkan oleh petani beragam, tergantung dengan apa yang mereka tanam. Beberapa hasil pertanian yang paling populer di Indonesia diantaranya Padi, Jagung, Singkong, Kedelai, serta Buah-buahan.

2. Nelayan

Kamu tahu Nelayan kan? Ya, benar. Mereka adalah orang-orang yang bekerja dengan cara mencari atau menangkap ikan di laut. Produk yang mereka hasilkan tentu berupa tangkapan ikan.

Ikan laut yang selama ini konsumsi merupakan hasil dari tangkapan para Nelayan. Tanpa adanya Nelayan, tentu kita akan kesulitan untuk mendapatkan ikan dan harus mencari sendiri ke laut.

Jenis barang yang mereka hasilkan utamanya adalah ikan, tetapi ada juga hewan laut lainnya seperti lobster, cumi-cumi, kepiting, dan lain-lain.

3. Penjahit

Pakaian yang kita gunakan selama ini merupakan buatan para penjahit. Jadi pekerjaan yang satu ini sudah jelas menghasilkan barang, yaitu baju, celana, jaket, dan berbagai pakaian lainnya.

Penjahit ini ada yang bekerja secara mandiri, yaitu membuka kios sendiri di rumah. Ada juga yang bekerja di perusahaan-perusahaan konveksi.

4. Tukang Kayu

Tukang kayu atau biasa juga disebut dengan tukang mebel. Mereka adalah orang-orang yang bekerja dengan cara mengolah kayu menjadi suatu barang yang berguna.

Barang-barang yang dihasilkan tukang kayu diantaranya Lemari, Meja, Kursi, dan masih banyak lagi.

5. Peternak

Peternak ini ada banyak sekali jenisnya. Ada peternak ayam, bebek, kambing, sapi, dan lain-lain. Para peternak ini bekerja dengan cara merawat hewan ternak agar bisa berkembang biak menjadi banyak.

Setelah banyak, biasanya akan dijual. Ada yang dijual dalam keadaan hidup, ada juga yang sudah disembelih. Barang yang mereka hasilkan bisa berupa hewan ternak hidup, bisa daging, bisa juga telur.

6. Pandai Besi

Pandai Besi

Beberapa mungkin sudah mengetahui apa itu pandai besi. Namun mungkin ada juga yang belum tahu apa itu pekerjaan pandai besi.

Pandai besi bekerja dengan membuat barang-barang atau peralatan-peralatan dari besi. Contohnya, Cangkul, Golok, Kapak, dan masih banyak lagi.

7. Penjual Makanan

Penjual makanan juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Tentunya kamu pernah melihat penjual makanan seperti tukang bakso, tukang siomay, penjual kue, dan penjual makanan lainnya.

Barang yang mereka produksi yaitu berupa makanan seperti bakso, siomay, kue, dan lain-lain.

8. Penambak ikan

Berbeda dengan Nelayan, penambak ikan tidak menangkap ikan, tetapi mereka membuat tambak untuk kemudian memelihara ikan.

Sebenarnya penambak ini bukan hanya ikan saja yang dihasilkan, ada juga udang dan kepiting.

9. Desainer

Desainer merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini. Tugas mereka adalah membuat desain dari suatu produk, seperti baju, bangunan atau rumah, gaun, dan lain-lain.

Perlu untuk diketahui, untuk mereka yang mendesain rumah atau bangunan biasanya disebut dengan arsitek, bukan desainer. Namun pekerjaannya kurang lebih sama.

Barang yang dihasilkan oleh pekerjaan desainer adalah gambar pola atau desain suatu produk.

10. Pengrajin

Kita tentunya sudah sering melihat berbagai jenis kerajinan tangan yang dijual di toko souvenir. Namun, tahukah kamu siapa yang membuat semua kerajinan tersebut?

Kerajinan tangan dibuat oleh para pengrajin. Mereka biasanya mengubah barang-barang biasa atau barang bekas menjadi memiliki nilai jual.

Barang kerajinan yang dihasilkan contohnya, gantungan kunci, bros, hiasan dinding, dan lain-lain.

11. Koki

Koki atau chef merupakan mereka yang bekerja memasak makanan di restoran, hotel, atau tempat lainnya.

Tentu saja barang yang mereka hasilkan adalah makanan/masakan.

12. Percetakan

Kamu sering ke tempat fotocopy? Nah, sudah tahukan itu yang namanya percetakan. Percetakan ini umumnya menjual berbagai barang terkait kebutuhan sekolah dan kantor.

Barang yang dihasilkan percetakan contohnya hasil print, fotocopy, undangan, dan lain-lain. Beberapa percetakan juga melayani cetak buku.

13. Penulis Buku

Apakah kamu suka membaca buku? Buku-buku yang banyak dijual dan sering kita baca selama ini adalah hasil tulisan para penulis buku.

Penulis buku juga ada macam-macam, ada yang menulis materi umum, ada yang menulis buku-buku sekolah, novel, buku buku motivasi dan masih banyak lagi.

Yap, barang yang mereka hasilkan adalah buku.

14. Penambang

Penambang

Penambang merupakan pekerjaan yang cukup berat dan beresiko. Mereka menambang atau mengambil berbagai jenis produk pertambangan dari dalam bumi.

Barang-barang yang bisa dihasilkan oleh penambang diantaranya Batubara, minyak bumi, pasir, emas, dan lain-lain.

15. Penjual Minuman

Kamu suka minum es campur? Siapa yang menjualnya? Tentu adalah penjual minuman. Mereka termasuk ke dalam pekerjaan yang menghasilkan barang.

Apa yang dihasilkan? Tentu berbagai produk minuman, berbagai macam es, yoghurt, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

1. Guru

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Karena memang pekerjaan seorang adalah menghasilkan jasa bukan barang.

Guru memberikan jasa pengajaran atau pendidikan kepada murid-muridnya. Berkat guru, seorang murid akan menjadi memiliki pengetahuan yang luas.

2. Polisi

Apa jasa yang diberikan oleh Polisi? Mereka memberikan jasa yaitu perlindungan rasa aman kepada seluruh rakyat Indonesia. Polisi melindungi kita semua dari tindak kejahatan.

3. Tentara

Hampir sama dengan Polisi, tentara juga memberikan jasa di bidang keamanaan. Namun untuk tentara, tugas utama mereka adalah menjaga keutuhan negara dari berbagai ancaman, baik dari luar maupun dalam negeri.

Jadi, jasa dari Tentara adalah pengamanan negara.

4. Bidan

Di dekat rumah kamu pasti ada Bidan, hal ini karena bidan memang sangat diperlukan. Bidan berjasa membantu para ibu hamil untuk melahirkan. Sehingga Bidan termasuk ke dalam pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Peran Bidan sangat penting dalam masyarakat. Jasa mereka benar-benar tidak bisa diabaikan dan layak diberikan apresiasi.

5. Dokter

Dokter memberikan jasa yaitu berupa layanan kesehatan atau pengobatan. Tentunya saat kamu sakit pasti pernah merasakan diperiksa oleh Dokter. Dia kemudian akan menuliskan resep-resep obat yang bisa ditebus di Apotek.

Dokter ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari dokter umum, dokter gigi, dokter kulit, dan sebagainya.

6. Tukang Ojek

Siapa yang pernah naik ojek? Mungkin sebagian kita ada yang pernah dan tidak pernah ya.

Jasa ojek ini sangat dibutuhkan apalagi di kota-kota besar yang mudah sekali macet. Kini layanan ojek sudah semakin modern dengan adanya ojek online atau OJOL.

Tukang ojek memberikan jasa kepada penumpangnya yaitu berupa pengantaran hingga ke lokasi tertentu sesuai permintaan penumpang.

7. Tukang Pangkas Rambut

Tukang Pangkas Rambut

Semua orang pasti pernah potong rambut, kamu juga kan? Setiap akan potong rambut pastinya kita pergi ke tukang pangkas rambut atau barbershop.

Mereka akan melayani dan memotong rambut kita sesuai permintaan. Pekerjaan mereka ini menghasilkan jasa berupa pemotongan rambut.

Kamu kapan terakhir potong rambut?

8. Montir/Bengkel

Bengkel merupakan tempat memperbaiki kendaraan yang rusak. Montir memberikan jasa kepada pelaggannya yaitu berupa perbaikan motor atau mobil yang rusak.

Jasa mereka ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi jumlah kendaraan bermotor di Indonesia semakin banyak saja setiap tahunnya.

9. Pengacara

Kamu tau Hotman Paris Hutapea? Ya, orang kaya raya yang kerap muncul di TV itu adalah seorang pengacara. Memangnya apa tugas atau jasa yang diberikan oleh pengacara?

Pengacara akan memberikan jasa kepada kliennya berupa bantuan hukum ketika seseorang berurusan dengan hukum dan pengadilan.

10. Sopir

Orang kaya biasanya memiliki supir pribadi di rumah mereka. Nah, supir ini masuk ke dalam jenis pekerjaan jasa.

Tidak hanya supir pribadi saja, melainkan supir bus, supir taksi dan lain-lain.

Mereka memberikan jasa yang hampir sama dengan tukang ojek, yaitu pengantaran.

11. Satpam

Satpam ini sering banget kita lihat di berbagai tempat, biasanya ada di bank, kompleks perumahan, tempat perbelanjaan, dan lain-lain.

Jasa dari Satpam ini hampir sama dengan Polisi yaitu bertugas mengamankan, tetapi bedanya, satpam biasanya memiliki ruang lingkup kerja yang lebih kecil.

Misal, mereka hanya ditugaskan untuk menjaga bank saja, area kompleks saja. Intinya area pengamanan mereka tidak seluas tugas polisi.

12. Dosen

Ketika SD, SMP, SMA, kamu akan diajar oleh Guru. Namun ketika kamu kuliah, pengajarnya bukan lagi disebut guru melainkan Dosen.

Jasa dari Dosen ini sama dengan guru, yaitu memberikan pengajaran kepada para mahasiswa di kampus.

13. Pramugari

Buat kamu yang pernah naik pesawat pasti tahu apa itu pramugari? Nah, pramugari ini adalah staff yang bertugas melayani penumpang saat dalam pesawat.

Jadi sudah bisa kamu tebak kan apa jasa yang mereka berikan? Yap, benar sekali, jasa pelayanan kepada penumpang.

14. Pilot

Pilot

Selain pramugari, ada juga Pilot yang bertugas menerbangkan dan mengemudikan pesawat hingga sampai ke tujuan.

Pekerjaan pilot ini sama dengan supir dan tukang ojek, yaitu berjasa mengantarkan kita hingga sampai ke suatu tempat. Namun untuk pesawat hanya bisa turun di Bandara.

15. Asisten Rumah Tangga

Apakah kamu memiliki asisten rumah tangga di rumah? Mereka adalah orang yang membantu ibu untuk membereskan rumah, memasak, mencuci dan lain-lain.

Mereka memberikan jasa berupa tenaga beberes rumah..

Kesimpulan

Selain ke-30 contoh pekerjaan di atas, masih ada banyak sekali pekerjaan di luar sana yang menghasilkan jasa dan barang. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara memperhatikan apa yang mereka kerjakan. Lihat juga apa hasil dari pekerjaan tersebut, apakah berbentuk barang atau jasa?

Semoga contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa di atas bisa bermanfaat untuk. Jika kamu tahu contoh pekerjaan lainnya, kasih tahu kita di kolom komentar ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *