Suku di Sumatera Barat

Daftar Lengkap Suku di Sumatera Barat

Diposting pada

Ada banyak suku di Sumatera Barat, mulai dari suku asli sampai dengan suku pendatang. Untuk kamu yang sedang butuh informasi mengenai suku yang ada di Sumbar, semua akan dibahas lengkap disini.

Akan dibahas mulai dari suku asli, suku pendatang, hingga suku-suku keturunan Sumatera Barat.

Suku-suku di Sumatera Barat

1. Suku Mentawai

Suku Mentawai di Sumatera Barat

Suku Mentawai merupakan salah satu suku yang ada di Sumatera Barat. Keunikan dari suku ini adalah mereka hidup di pedalaman dan tidak tersentuh dengan modernitas.

Mereka tinggal di Kepulauan Mentawai. Di kepulauan ini sebenarnya ada banyak pulau, tetapi hanya tiga pulau saja yang banyak dihuni, yaitu Pulau Siberut, Pulau Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Suku ini memiliki rumah adat mereka sendiri, desainnya cukup mirip dengan rumah adat Sumatera Barat. Mereka memiliki tiga jenis rumah adat, yaitu Lalep, Uma, dan Rusuk.

Uma merupakan rumah besar yang dihuni 3 sampai 5 keluarga. Uma juga kerap digunakan untuk menyimpan benda-bendar pusaka. Serta tempat pelaksanaan pertemuan ataupun upacara adat.

Lalep merupakan rumah dengan ukuran lebih kecil yang hanya ditinggali oleh satu keluarga atau pasangan yang telah menikah secara adat. Sedangkan Rusuk merupakan tempat khusus untuk menampung orang-orang yang diusir dari kampung.

Sagu menjadi makanan pokok suku Mentawai. Mereka juga mengkonsumsi babi hutan, ayam, dan kijang. Hewan-hewan ini mereka dapatkan dengan cara berburu.

Suku di Sumatera Barat ini memiliki budaya melukis tubuh atau tato. Bahkan tato adalah wajib bagi kepala adat disana.

2. Suku Kubu

Suku Kubu atau Suku Anak Dalam di Sumatera Barat juga merupakan suku pedalaman yang tinggal di dalam hutan. Mereka umumnya berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan lainnya.

Namun, berdasarkan informasi terbaru, beberapa kelompok suku Kubu sudah tinggal menetap dan tidak lagi tinggal di hutan.

Meskipun suku ini lebih terkenal berada di Jambi, tetapi mereka juga ada yang berada di Sumatera Barat.

3. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau merupakan suku mayoritas di Sumatera Barat. Mereka tersebar hampir di seluruh Sumbar, tidak hanya itu, bisa dibilang mereka telah tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini karena kebiasaan atau tradisi mereka yaitu Merantau.

Orang Minang dikenal sangat berpegang teguh pada agamanya, yaitu Islam. Bahkan jika ada orang Minangkabau yang keluar dari islam, maka dia juga dianggap bukan lagi merupakan anggota suku Minangkabau.

Suku ini terkenal memiliki berbagai macam kesenian terutama tari-tarian. Beberapa jenis tari dan kesenian mereka diantaranya adalah: Tari Piring, Tari Pasambahan, Salawat Dulang, Randai, dan Silek.

Untuk berkomunikasi, suku minang memiliki bahasa tersendiri yaitu Bahasa Minangkabau. Bahasa ini bisa dibilang cukup mirip dengan bahasa Melayu. Namun, jika diperhatikan maka kedua bahasa ini cukup jauh berbeda, hanya logatnya saja yang mirip.

Suku Minangkabau juga memiliki rumah adat sendiri yang disebut dengan rumah Gadang.

Suku Minangkabau ini kemudian menjadi cikal bakal atau nenek moyang dari beberapa suku lainnya, yaitu:

  • Suku Sakai
Suku Sakai

Suku Sakai adalah suku yang hidup di pedalaman hutan. Suku ini diyakini merupakan keturunan dari suku Minangkabau. Untuk saat ini suku Sakai mayoritas hidup di hutan-hutan pedalaman Riau.

  • Suku Kerinci

Suku Kerinci berada di Kabupaten Kerinci, Jambi. Keberadaan mereka tepat di perbatasan antara Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Sehingga mereka masih merupakan salah satu Suku di Sumatera Barat. Suku ini juga merupakan salah satu suku tertua di Indonesia.

  • Suku Talang Mamak

Suku Talang Mamak merupakan salah satu suku yang berasal dari Sumatera Barat. Namun saat ini mereka lebih banyak berada di Provinsi Riau, tepatnya di Indragiri.

Suku Talang Mamak berasal dari Pagaruyung, sebuah kerajaan yang pernah berdiri di Sumatera Barat. Dalam kehidupan sehari-sehari suku ini berbicara dengan bahasa talang mamak.

Untuk Agama kebanyakan dari mereka memiliki kepercayaan Animisme, yaitu percaya pada kekuatan benda-benda ghaib. Beberapa diantara suku ini juga ada yang beragam islam.

  • Suku Malayu

Suku malayu merupakan bagian dari suku Minangkabau. Suku ini mengakui bahwa mereka adalah orang minang dan berbeda dengan suku melayu di Riau, suku melayu di Jambi, maupun Melayu di Malaysia.

Hanya saja mereka memiliki adat dan tradisi yang sedikit berbeda dengan suku Minangkabau.

  • Suku Bonai

Suku ini juga merupakan salah satu suku yang berasal dari Sumbar. Namun untuk saat ini mereka berada di Riau. Suku ini hidup di sekitar perairan sungai Rokan.

Suku Pendatang di Sumatera Barat

Suku asli yang masih ada di Sumatera Barat bisa dibilang hanya tinggal Suku Minangkabau, Suku Mentawai, dan Suku Melayu. Selain itu, kebanyak sudah berpindah ke Riau atau Jambi.

Selain suku asli, di Sumatera Barat juga terdapat suku-suku pendatang seperti:

  • Suku Jawa
  • Tionghoa
  • Nias
  • Tamil
  • Batak
  • Mandailing

Kesimpulan

Suku-suku yang berasal dari Sumatera Barat seperti suku Kubu, Talang Mamak, Bonai, Kerinci, dan Sakai saat ini mayoritas sudah tidak ada di Sumatera Barat.

Di Sumatera Barat sendiri, suku mayoritasnya adalah Suku Minangkabau dan Suku Malayu. Untuk kepulauan Mentawai, mayoritas dihuni suku Mentawai.

Baca juga: 30+ Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Itulah tadi pembahasan mengenai suku suku di Sumatera Barat. Perlu dipahami bahwa tidak semua suku yang ada di atas tinggal di Sumatera Barat. Kebanyakan dari mereka telah pindah ke daerah lain sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu, terutama suku pedalaman. Namun secara umum, asal muasal mereka dari Sumatera Barat.

One thought on “Daftar Lengkap Suku di Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *